Tugas V-Class Interaksi Manusia dan Komputer || Analisa Desain Web

Vclass Interaksi Manusia dan Komputer
Tugas Topik 3      
Nama                             :       Yan Resdayana
NPM                               :       1A111303
Kelas                              :       3KA03

Dalam tugas topik 3 ini, saya mengambil sebuah situs www.staffsite.gunadarma.ac.id untuk menganalisa dari desain/tampilan.
Situs yang saya akan bahas untuk di Analisis berdasarkan 5 atribut, yaitu:
  1. Textual Content (Isi Tekstual)
  2. Graphic Design (Desain Grafis)
  3. Navigation (Navigasi – Alur Menu)
  4. Structure (Struktur Web)
  5. Links (Penghubung ke halaman lain)


HalamanAwal
  1. Textual Content (Isi Tekstual)
            Website ini berisi konten yang berhubungan dengan kumpulan halaman web yang dimiliki oleh masing masing dosen di Universitas Gunadarma. Pada halaman awal/home page terdapat dua bagian utama yaitu sisi sebelah kiri untuk Dosen yang belum terdaftar dan sisi bagian kanan untuk Dosen yang sudah terdaftar dan memiliki halaman khusus.
Sisi sebelah kiri terdapat informasi tentang apa itu staffsite, syarat pembuatan, prosedur pembuatan dan kontak kami. Yang pertama pengertian staffsite disajikan dengan text yang statis, lalu syarat pembuatan juga disajikan dengan text yang statis, dan prosedur pembuatan disajikan dengan sebuah link yang mengarah kepada halaman yang berisi tentang prosedur pembuatan staffsite. Yang terakir dari konten sebelah kiri terdapat kontak kami yang disajikan dengan sebuah form yang berisi textfield untuk menginput pertanyaan dari user yang ingin berkonsultasi kepada administrator yang bersangkutan.

Prosedur

Staffsite
Sisi sebelah kanan terdapat konten search/pencarian nama dosen yang disajikan dengan textfield yang diikuti oleh sebuah tombol. Konten search ini sangat bermanfaat dalam membantu user mencari nama dosen yang sudah diketahui namanya. Lalu berikutnya ada konten view list yang berfungsi untuk menampilkan semua nama dosen yang terdaftar berdasarkan abjad. Setelah nama dosen yang dicari sudah ditemukan, maka akan muncul dua buah link yaitu email dan homesite. Link email akan mengarahkan user ke halaman email untuk mengirim email kepada dosen yang bersangkutan. Link homesite akan mengarahkan user ke halaman web dosen tersebut.

2. Graphic Design (Desain Grafis)
Desain grafis pada web www.staffsite.gunadarma.ac.id menurut saya sudah cukup baik. Alasan dari cukup baik sendiri adalah karena sudah memenuhi kriteria desain sebuah web yang baik antara lain pemilihan warna, type huruf, ukuran huruf dan tidak terlalu banyak konten yang membuat user kebingungan. Untuk pemilihan warna, situs ini hanya menyediakan 3 warna yaitu ungu yang lembut, kuning dan putih. Warna ungu dan putih digunakan untuk membagi dua bagian pada halaman awal/home page sehingga terlihat jelas perbedaan informasi yang tersedia. Untuk type font yang digunakan sangat jelas terbaca, tetapi pada sisi sebelah kiri terlalu kecil sehingga kurang nyaman untuk dibaca. Dan pada link yang bertuliskan “klik disini” pada prosedur pembuatan kurang nyaman bahkan tidak bisa dibaca karena menggunakan warna kuning pada background putih.
Link
3. Navigation (Navigasi – Alur Menu)
Navigasi pada web ini lengkap berguna untuk memudahkan user dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Navigasi pada web ini juga konsisten untuk setiap halaman web, dan diberi kemudahan search untuk mencari nama dosen yang ingin dicari, sehingga user bisa langsung ke halaman yang dimaksud.

4. Structure (Struktur Web)
Pada halaman awal/home page www.staffsite.gunadarma.ac.id sangat simpel karena hanya mengandung satu halaman yang langsung memberikan navigasi dan pencarian. Dengan kata lain halaman awal/homepage ini tidak terdapat header dan footer.
Pada halaman staffsite atau halaman web dosen terdapat header yang berisi judul halaman dan navigasi.

Header
Konten pada web ini berisi tentang informasi yang dimiliki oleh dosen yang bersangkutan.

Konten
Footer pada web ini berisi link yang akan mengarah ke halaman awal/ home page dari staffsite.

Footer
5. Links (Penghubung ke halaman lain)
Web ini memiliki link yang terhubung ke halaman lain, diantaranya link prosedur pembuatan staffsite, link email dosen dan link homesite dosen.

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Upload dan Resize Gambar pada PHP

Dampak kenaikan bbm terhadap masyarakat kecil