Tugas 1

Tugas ISD


Nama : Yan Resdayana
Kelas : 1KA07
NPM : 1A111303 


  1. Kebudayaan yang anda kenal  dan mengakar hidup di lingkungan sekitar anda. Critakan secara rinci : Ciri khas budaya tersebut dan karakter masyarakat serta kehidupan sosialnya.  Menurut anda apa nilai positif dan negatif dari kebudayaan tersebut !
  2. Critakan Menurut Anda, sebuah keluarga yang ideal seperti apa ? critakan hubungan individu dalam sebuah keluarga yang ideal, peran masing-masing anggota keluarga di dalam keluarga itu sendiri maupun di kehidupan soaial masyarakatnya


  1. Kebudayaan yang berada dilingkungan penulis adalah kebudayaan yang sudah bercampur dari kebudayaan Islam, kebudayaan daerah seperti Betawi, Sunda dan Jawa. kebudayaan tersebut terbentuk dikarenakan penduduk disini merupakan penduduk pendatang dari berbagai daerah di pulau Sawa dan Sumatera. Kebudayaan ini terlihat jelas dari bahasa yang digunakan dalam bersosialisasi satu sama lain, dan tentunya berawal dari dua individu yang memiliki kesamaan budaya asal. Karena Indonesia memiliki bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia, maka bahasa Indonesia dipakai dalam proses sosialisasi yang ada di lingkungan penulis. Ciri khas kebudayaan dilingkungan penulis yaitu saling tolong menolong sesama warga yang sangat erat, saling gotong royong dalam pembangunan dilingkungan RT, dan saling toleransi antar umat beragama. Sebagai contoh pada saat salah satu warga ada yang terkena musibah seperti meninggal dunia, warga yang lain langsung turut membantu warga yang terkena musibah tersebut tanpa memandang agama dan latar belakang warga tersebut. Contoh lainnya pada saat pemilihan ketua RT, warga disini tidak saling berebut jabatan seperti yang terjadi pada Pilkada atau Pilpres di negara kita yang terkenal akan kekacauannya. Nilai positif dari kebudayaan dilingkungan penulis antara lain, terciptanya kedamaian, rasa aman dan saling menghargai antar warga, terciptanya rasa kekeluargaan yang sangat erat dan saling bahu membahu dalam kegiatan sosial yang ada.
  2. Keluarga yang ideal adalah keluarga yang mampu mempertahankan keutuhan keluarga serta terciptanya tujuan keluarga tanpa adanya masalah yang berarti dan berlarut larut, meskipun kita tahu bahwa masalah itu pasti ada pada setiap individu. Dalam suatu keluarga salah satu anggota keluarga yang sangat penting dan dominan adalah kepala keluarga, yaitu Ayah. Kepala keluarga harus tegas dan bijaksana dalam membina rumah tangganya karena ia adalah pemimpin yang memimpin keluarganya sehingga tujuan dari keluarga dapat tercapai. Kepala keluarga harus dapat mengarahkan anggota keluarganya untuk berada tetap dijalan yang benar dan tidak melenceng dari norma Agama. Anak pertama dalam suatu keluarga adalah tangan kanan dari kepala keluarga, yaitu yang bertugas mengawasi dan membina adik adiknya, karena dalam hal ini seorang anak pasti lebih dekat dengan kakaknya. Oleh karena itu sebuah keluarga yang baik adalah keluarga yang patuh kepada kepala keluarga sebagai pemimpin rumah tangga.  

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Upload dan Resize Gambar pada PHP

Tugas V-Class Interaksi Manusia dan Komputer || Analisa Desain Web

Dampak kenaikan bbm terhadap masyarakat kecil